Latest Updates

Cara Mudah Membuat Toko Online

Bagi pelaku UKM memasuki ranah online untuk memasarkan produk tentu merupakan peluang yang sangat baik. Ada beberapa keuntungan bagi pelaku UKM jika memasarkan produknya melalui internet. Beberapa keuntungan tersebut antara lain :

1. Lebih murah dibandingkan memasarkan produk secara fisik. Anda tidak perlu mencetak katalog, Anda tidak perlu bertemu fisik, dan sebagainya.

2. Lebih Mudah ditemukan oleh konsumen dan orang lain. Saat ini pencarian secara online terhadap sebuah produk atau informasi terus mengalami peningkatan terutama sejak semakin maraknya penggunaan smartphone dan teknologi mobile. Agar produk Anda bisa lebih mudah ditemukan Anda bisa membaca ulasannya di Tips Website Mudah Ditemukan.

Selain lebih mudah ditemukan oleh konsumen, UKM yang go online, juga membuka peluang untuk mendapatkan akses networking. Bisa saja karena bisnis Anda mudah ditemukan secara online, Anda akan mendapatkan tawaran kerjasama dari pihak lain atau undangan liputan dari media massa.

3. Tidak ada usaha yang terlihat kecil di internet jika Anda membuat website Anda secara profesional. Salah satu keuntungan internet adalah skala bisnis tidak begitu terlihat, intinya Anda bisa membuat website Anda terlihat profesional.

Dari beberapa keuntungan tersebut, berikut langkah-langkah membuat toko online dengan mudah.

Ada 2 pilihan dalam membuat website. a) Anda membuat sendiri website Anda dan b) Anda meminta jasa pembuatan website.


A. Membuat Website Sendiri
1. Mulailah riset domain yang akan Anda gunakan. Jika tujuannya adalah branding maka gunakan nama produk  Anda sebagai nama domain. Jika tujuannya adalah penjualan langsung. Gunakan jenis produk sebagai nama domain. Misalnya anda jualan kaos bola. Maka Anda bisa menggunakan nama domain kaosbola, kaosbolamurah, kaosbolaasli. dan sebagainya. Sebaiknya gunakan .com jika masih tersedia. Agar lebih mudah mendapatkan nama domain yang tepat, Anda bisa membaca tips lainnya di mencari nama domain dengan murah

2. Beli domain dan hosting. Tempat yang biasanya saya gunakan untuk membeli domain dan hosting adalah dapur hosting.  Anda bisa membaca reviewnya di Hosting Murah untuk Toko Online

3. Berikutnya anda hanya perlu menginstal wordpress melalui fasilitas yang tersedia di control panel.

4. Gunakan theme khusus toko online. Saya sudah mereview banyak sekali theme toko online yang bisa Anda pilih. Bisa Anda baca pada tulisan saya  Membuat Toko Online sendiri

5. Siapkan foto produk.

6. Input berbagai data dan produk.

7. Bangun social media Anda. Untuk lebih memaksimalkan penjualan Anda. Padukan antara website, facebook, twitter, google+ dan berbagai sosial media lainnya.

8. Selamat berjualan!

B. Membuat Toko Online dengan Bantuan Jasa Pembuatan Blog

Ada sangat banyak yang menyediakan jasa pembuatan toko online. Jika Anda memiliki banyak dana dan ingin segera menjual secara online tanpa repot. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan blog. Harganya tentu bervariasi tergantung kerumitan dan jenis yang Anda inginkan.

Jasa pembuatan toko online biasanya ada 2 macam :
1. Biaya bulanan. Anda diharuskan membayar biaya bulanan
2. Sekali bayar. Anda hanya cukup membayar sekali saja di depan. Dan biasanya hanya ada bantuan selama masa garansi. Setelah itu Anda harus membangun toko online Anda sendiri.

Menurut saya, yang harus dipastikan saat membuat toko online dengan bantuan jasa pembuat toko online yaitu pastikan bahwa domain dan hosting ada pegang. Untuk memastikan bahwa toko online yang Anda pesan, saat selesai kontrak domain dan hosting masih tetap menjadi milik Anda. Karena di era digital, domain adalah aset yang penting

0 Response to "Cara Mudah Membuat Toko Online"

Post a Comment