Latest Updates

Tips dan Peluang Berbisnis Sambil Sekolah

Buat adik-adik siswa yang mau berbisnis, berjualan produk-produk tertentu yang dicari siswa-siswa sekolah tentu menyenangkan. Berbisnis di sekolah merupakan cara mendapatkan uang sambil sekolah yang halal dan juga menjadi tempat belajar.  Peluang bisnis saat sekolah memiliki peluang yang layak kita kembangkan. Menurut saya ada beberapa alasan mengapa bisnis sejak sekolah itu bagus :

Mengenal Pasar Secara Dekat
Menjual produk-produk atau layanan jasa kepada teman-teman lebih mudah kita lakukan karena kita bisa mengenal “pasar” kita. Kita mengenal apa yang menjadi kebutuhan teman-teman, tahu tren seperti apa yang mereka minati, dan yang paling penting kita mengenalnya secara dekat.

Memanfaatkan Waktu Luang

Berbisnis di sekolah tentu saja cukup dikerjakan di waktu luang saja. Bagaimanapun sekolah tetap menjadi prioritas. Anda bisa membaca tulisan lainnya di Membagi Waktu antara Bisnis dan Sekolah.

Beberapa cara pemasaran yang bisa dilakukan apabila Anda menjual produk antara lain gunakan produk Anda sendiri. Biasanya teman anda akan bertanya dimana membeli, barulah Anda mempromosikan bisnis Anda.

Kerjasama dengan koperasi sekolah juga bisa dilakukan. Anda bisa menitipkan dagangan tertentu seperti cemilan, souvenir sekolah (bisa stiker atau tshirt). Ini juga akan melatih Anda bagaimana membangun network dan negosiasi.

Bagian Dari Pembelajaran Bisnis

Banyak pakar entrepreneur yang menyarankan bahwa “habiskan jatah kegagalanmu di masa muda, sehingga nanti hanya tersisa jatah suksesmu saja.” Jika bisnismu gagal, jangan patah semangat, karena bagian terpenting dari bisnis di sekolah adalah belajar.


Tips

Ada dua bagian penting yang harus diperhatikan saat berbisnis di sekolah yaitu pemilihan produk yang tepat serta strategi harga. Produk yang kita jual sedapat mungkin sesuai selera calon konsumen kita.


Soal strategi harga juga tidak bisa dilupakan, menginat pangsa pasar kita adalah teman yang kebanyakan belum punya penghasilan sendiri.

0 Response to "Tips dan Peluang Berbisnis Sambil Sekolah"

Post a Comment