Latest Updates

Mengenal Bisnis Dropship

Seringkali dalam berdagang, permasalahan yang sering dihadapi adalah ketakutakan jika stock barang yang telah dilakukan ternyata tidak begitu laku. Bagi mereka yang modelnya besar, tentu tidak begitu masalah. Tapi bagaimana jika mereka yang tanpa modal? ini tentu akan menjadi salah satu permasalahan.


Untunglah saat ini ada banyak pedagang yang memungkinkan untuk melakukan dropship. Menjadi dropshipper cocok bagi Anda yang ingin berjualan tanpa perlu ada resiko barang tidak laku, karena Anda hanya akan melakukan pesanan ke suplier setelah ada yang memesan. Dropship mulai ramai diperbincangkan dalam pemasaran online.  Apa itu dropship? Dropship secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut

Tugas anda sebagai reseller dropship melakukan promosi dan penjualan. Tidak perlu menyetok barang. Cukup memperlihatkan katalog kepada calon pembelinya. Anda bisa menjual secara offline, melalui internet ataupun dengan smartphone. Jika ada pembeli yang tertarik, maka pembeli akan melakukan pembayaran kepada anda.

Lalu anda akan melakukan pemesanan kepada suplier dan membayar dengan harga reseller. Selisih antara harga suplier dan harga yang dijual kepada konsumen akan menjadi kentungan dropship. Setelah menerima pembayaran, Suplier selanjutnya akan mengirimkan pesanan kepada pembeli dengan mengatas namakan dropshiper sebagai pengirim.

Secara umum dropshiper juga merupakan reseller. Hanya saja pada dropshiper, barang yang dipesan, lalu dikirimkan ke alamat konsumen, sehingga dropshipper tidak perlu menanggung biaya kirim dari tempat suplier ke alamat dropshiper.  Pada sistem dropship, suplier tidak tampak, tetapi dropshipper lah yang tampak pada pembeli, sehingga seakan-akan produk tersebut dikirim langsung oleh dropshipper. Inilah yang membedakan dropship dengan agen.

Di bagian berikutnya akan saya jelaskan tips menjadi dropship yang baik. Jika Anda ingin menjadikan Blackberry sebagai sarana penjualan Anda saat melakukan dropship, saya telah menuliskan ebook, 1001 cara  menjadikan Blackberry sebagai pemasar handal yang bisa Anda dapatkan di sini

catatan:
Mungkin saya salah, tetapi untuk membedakan antara suplier dan reseller yang menggunakan dropship saya menyebutnya dengan istilah dropshiper, yang mungkin ditulisan lain diterjemahkan sebagai pihak yg memberikan jasa dropship.

0 Response to "Mengenal Bisnis Dropship"

Post a Comment