Latest Updates

Isi Business Plan

Setelah mengetahui alasan menulis business plan, maka kita akan membahas mengenai apa saja isi business plan.

Secara umum, Business Plan berisi :

Daftar Isi / Table of Content
Daftar isi penting untuk anda masukkan dalam business plan, terutama untuk memberikan panduan bagi pembacanya, apalagi jika business plan yang Anda susun terdiri dari lebih 10 halaman.

Ringkasan Eksekutif / Executive Summary
Sebuah penjelasan singkat yang padat dan jelas. Sebaiknya Executive Summary yang anda buat tidak lebih dari 2 halaman. Semakin singkat, padat dan jelas ringkasan eksekutif yang Anda buat maka akan semakin baik. Eksekutif summary sangat penting artinya bagi mitra Anda untuk mendapatkan informasi awal sebelum menggali bagian penjelasan rinci dari business plan yang Anda buat. 

Tentang Perusahaan / Company Overview
Bagian ini menjelaskan mengenai sifat dari perusaahaan kita, termasuk visi dan nilai-nilai yang dianut perusahaan serta produk atau jasa yang ditawarkan. Bagian ini juga bisa ditambahkan mengenai sifat perusahaan yang unik yang peluang apa yang ingin diambil oleh perusahaan.

Lingkungan Bisnis / Business Environment
Bagian ini mencatat mengenail memberi gambaran terhadap persaingan bisnis. Bagian ini berisi penjelasan mendalam terhadap pesaing potensial serta melihat lebih dekat profile pelanggan kita seperti siapa saja mereka, apa yang mereka ingin dapatkan, serta bagaimana mereka berbelanja. Bagian ini intinya adalah apa yang ada diluar dan berpengaruh pada bisnis kita tetapi kita tidak bisa mengendalikan mereka secara langsung. (seperti pesaing dan pelanggan).

Deskripsi Perusahaan / Company Description
bagian ini berisi berbagai hal informasi mengenai perusahaan seperti
tim manajemen, organisasi, produk atau layanan yang diberikan, cara perusahaan Anda dijalankan, serta pasar potensial perusahaan. Deskripsi perusahaan menjelaskan posisi keunggulan terbesar perusahaan dibanding pesaing-pesaing yang ada.

Strategi Perusahaan / Company Strategy
Strategi perusahaan adalah bagian penting dari business plan yang menjelaskan arah masa depannya. Bagian ini menarik benang merah dari bagian Business Environment yang dihadapkan pada sumber daya yang dimiliki perusahaan sehingga muncullah strategi-strategi untuk mencapai tujuan dimasa depan. Bagian ini juga berisi analisa SWOT yang menganalis peluang, tantangan, kekuatan dan kelemahan Anda.

Rencana Pemasaran / Marketing Plan
Bagian ini menjelaskan rencana-rencana Anda untuk menjangkau prospek, membuat penjualan, dan mengembangkan pelanggan setia. karena pelanggan dan penjualan sangat penting untuk keberhasilan perusahaan Anda. Bagian ini merupakan komponen utama dari rencana bisnis Anda.

Ulasan Keuangan / Financial Review
Bagian ini mencatat secara rinci setiap bagian rencana keuangan perusahaan Anda baik yang terjadi saat ini maupun yang akan terjadi di masa depan. Bagian ini biasanya berisi laporan keuangan
seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

Rencana Aksi /Action Plan
Pada bagian ini berisi catatan detail mengenai langkah-langkah pelaksanaan rencana bisnis. Juga mencatat urutan tindakan yang akan ditempuh yang selaras dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai perusahaan.

Lampiran / Appendixes
Bagian ini berisi informasi rinci yang mendukung rencana bisnis Anda. Bisa berupa analisis, laporan, survei, dokumen hukum, spesifikasi produk, dan spreadsheet, logo, gambar serta referensi lainnya yang bisa jadi dibutuhkan sebagian kecil pembaca Business Plan Anda.

Bagian ini-bagian dari isi Business Plan tersebut diatas seperti yang dijelaskan dalam buku buku Business Plans Kit For Dummies. Walaupun demikian, tidak serta merta bagian itu menjadi pedoman baku. Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Fox Business, menjelaskan mengenai hal-hal yang menjadi isi dari business plan antara lain :
1. Executive Summary; 2. Business Description; 3. Local Market and Competitive Landscape; 4. Product or Service; 5. Sales, Marketing and Promotion; 6. Management; 7. Financial Data; 8. Investment; 9. Appendices (lampiran)



1 Response to "Isi Business Plan"