Latest Updates

Membuat Invoice Dengan Mudah

Salah satu yang dibutuhkan pebisnis adalah membuat invoice. Nama dagang yang sering digunakan untuk menyebut invoice adalah Bon, jika direstoran disebut Bill. Secara umum, pengertian invoice adalah pernyataan tagihan atau pernyataan sejumlah nilai yang harus dibayarkan oleh konsumen.

Jika anda pelaku UKM dan membutuhkan contoh invoice, sebenarnya sangatlah mudah. Google telah menyediakan kepada kita berbagai template invoice yang bisa kita gunakan dan edit sesuai dengan keinginan kini. Satu-satunya syarat untuk memanfaatkan template yang disediakan oleh Google adalah Anda memiliki akun Google. 1 akun google yang Anda buat bisa dimanfaatkan untuk menikmati semua layanan google. Simplenya, silahkan saja membuat akun gmail yaitu layanan email google. Di artikel ini saya sengaja tidak membuat cara membuat akun gmail, karena menurut saya hampir semua orang sudah tahu caranya dan memilikinya.

Ditulisan ini, saya persepsikan Anda telah memiliki akun gmail dan Anda dalam keadaan login. Berikut saya sarikan cara membuat invoice memanfaatkan template invoice yang sudah disediakan oleh Google.

1. Kunjungi drive.google.com/templates

2. Akan tampil berbagai macam template yang bisa Anda gunakan. Pada bagian kiri Anda, klik pilihan kategori template "Bisnis"

3.  Akan terbuka halaman yang berisi berbagai template untuk bisnis diantaranya : invoice, proposal, prensentasi, dsb. Karena yang kita butuhkan adalah template invoice maka kita cari saja template invoice. Klik "Pratinjau" untuk melihat tampilan invoice tersebut. 

4. Saat jendela pratinjau terbuka, Anda bisa memilih "Gunakan Template ini" jika Anda rasa template itu sudah sesuai dengan keinginan Anda, atau memilih "tutup jendela ini" jika ingin memilih template lain.

5. Anda bisa mulai mengeditnya. Secara umum tampilan Google Doc hampir sama dengan tampilan pengolah dokumen yang ada di komputer Anda. 
6. Untuk memasukkan logo perusahaan bisnis Anda, Anda bisa memilih "Sisipkan - Gambar "
7. Salah satu kelebihan memanfaatkan template google karena dibuat online, Anda bisa memilih gambar yang ada di komputer atau yang ada di drive Anda.

8. Mulailah mengedit setiap bagian yang ingin Anda ubah sesuai kebutuhan.
9. Contoh tampilah invoice saya yang diatas, selanjutnya bisa saya print atau saya bagikan kepada rekan saya melalui gmail, atau sosial media seperti Google plus, Facebook maupun twitter.





3 Responses to "Membuat Invoice Dengan Mudah"

  1. gan, kalo mau bikin invoice di blog gimana? dari shopping cart datanya langsung ke invoice ? please .makasih sebelumnya.

    http://aksesorisbarcelona.blogspot.co.id/

    ReplyDelete