Latest Updates

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Promosi

Promosi merupakan salah satu cara untuk mencapai target-target penjualan yang kita lakukan. Banyak pelaku bisnis UKM yang tidak mempergunakan promosi dengan maksimal karena alasan dana yang belum ada. Mungkin untuk tahap awal Anda bisa menggunakan promosi gratis, tetapi dalam jangka panjang, promosi merupakan cara untuk meningkatkan penjualan.

Tentu saja promosi juga memiliki aturan-aturan yang harus diperhatikan agar biaya yang kita keluarkan tidak habis begitu saja. Bahkan bagi sebuah perusahaan besar, terkadang biaya promosi mereka lebih besar dari penghasilan mereka dalam satu hari. Itulah sebabnya Tung Desem Waringin pernah mengkritik promosi yang tidak terpola seperti membuang uang ke dalam gunung berapi.

Karena blog ini saya dedikasikan untuk UKM yang bersentuhan dengan dunia online, maka pembahasannya lebih kepada bagaimana UKM berpromosi dalam saluran-saluran media online yang lebih murah. Tips dibawah ini bisa Anda gunakan juga sebagai patokan dalam mencoba facebook ads atau beriklan di google.

Berikut 6 hal yang harus diperhatikan saat akan berpromosi:

1. Market
Tentukan dengan bener siapa yang akan menjadi target market Anda. Semakin spesifik target market Anda maka promosi akan semakin mudah dan berhasil. Misalnya jenis kelamin, usia, tempat tinggal, status, pekerjaan, jumlah keluarga, kegemaran, dsb.

2. Misi / Tujuan
Langkah selanjutnya adalah menentukan misi dari promosi. Apakah Anda ingin promosi itu bertujuan pada awardness atau meningkatkan penjualan. Misi ini harus jelas dahulu agar promosi tidak salah.

3. Message / Pesan
Setelah kita mengetahui target market kita dan memiliki tujuan yang jelas dari promosi yang kita lakukan maka langkah selanjutnya adalah  membuat pesan yang sesuai dengan 2 hal tersebut. Di dunia social media, maka agar promosi tersampaikan dengan baik, penting untuk membangun interaksi dengan calon konsumen agar pesan tersampaikan dengan baik.

4. Media
Bagian paling penting selanjutnya adalah menentukan lewat media mana promosi tersebut dilakukan. Apakah melalui facebook, twitter, website, google, dsb.


5. Money
Berapa dana yang anda siapkan untuk promosi. Jika punya dana yang besar, maka promosi bisa disesuaikan dengan market dan tujuan yang ingin dicapai.

6. Measurement (pengukuran)
Promosi haruslah terukur untuk mengevaluasi berhasil tidaknya promosi. Jika anda berpromosi online, maka Anda bisa melakukan pengukuran dengan cepat.

___________
Ingin review produk Anda tampil Di SayaReview.com? Hanya Rp. 20.000/review, maka review iklan Anda akan tampil di SayaReview.com dan bisa menambahkan backlink untuk website Anda.

0 Response to "6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Promosi"

Post a Comment