Latest Updates

Inspirasi Bisnis Anak SMP

Bisnis tidak mengenal usia, Anda bisa sukses kapanpun asalkan anda mau memanfaatkan setiap informasi dan potensi Anda untuk sukses, bahkan saat usia masih belia. Kenny Kurniawan (14) dan Kevin (14) adalah contoh dari hal ini. Walau masih berusia SMP, keduanya telah sukses menjalani bisnis mereka dan berhasil meraih kidspreneur Award 2012.

Idenya juga didapatkan saat pelajaran sekolah. Dari tugas sekolah, mereka mendapatkan tugas untuk mempelajari tentang siput. Dari sana mereka tahu kandungan gizi siput yang tinggi, lalu tercetus ide untuk membuat kripik siput. Olahan siput dalam pengamatan mereka masih sangat jarang yang tekuni. Ini tentu peluang besar bagi mereka.

Produksi pun dilakukan. Tetapi belum langsung dijual. Mereka membuat tester, dibagikan kepada guru dan teman-teman sekolah. Waktu awal mereka mencoba siput tanpa tambahan rasa apa-apa, hasilnya produk mereka perlu diperbaiki lagi.

Setelah berbagai ide, mereka memutuskan untuk memberi tambahan rasa pedas pada kripik siput mereka. Mereka yang mencoba pun senang dengan rasa baru kripik siput mereka. Akhirnya produk tersebut dinamai kripik pedas balado.

Darimana modalnya? mereka meminjam orang tua mereka. Mereka patungan. Total modalnya 1,5jt. Masing-masing patungan Rp. 750.000. Kini pinjaman tersebut sudah dibalikin lagi kepada orang tua masing-masing. Mereka juga telah membeli alat produksi sendiri seperti alat memasak. Awalnya untuk alat memasak, mereka masih pinjam kepunyaan orang tua.

Apa Yang Bisa Dipelajari
Dari hal tersebut diatas, maka kita bisa mengambil banyak pelajaran penting seperti :

- Berbisnis saat usia masih SMP bukan hal yang tidak mungkin.
- Ide bisnis bahkan bisa dari lingkungan terkecil kita. Manfaatkan setiap detil informasi dari apa yang dipelajari di sekolah. Cari tahu bisnis apa yang bisa dikembangkan di sana.
- Agar lebih mudah menjalankan bisnis, cari partner yang mau diajak kerjasama. Bisa teman dari satu sekolahan yang sama, bisa juga berbeda. Intinya punya keinginan bisnis dan masing-masing menyumbangkan keahliannya.
- Modal awal bisa pinjam orang tua. Saat ini banyak anak sekolah yang malu pinjam uang ke orang tuanya untuk bisnis, tetapi santai saja saat meminta uang untuk membeli gadget terbaru.
- Gunakan apa yang Anda miliki di rumah untuk memulai. ini berguna untuk meminimalkan modal yang digunakan.
- Action. Jangan kebanyakan ide tapi tidak dijalankan. Bisnis tidak akan pernah kita ketahui hasilnya jika kita tidak laksanakan.
enny Kurniawan (14) dan Kevin (14), yang mengawali bisnis patungan - See more at: http://suarapengusaha.com/2012/09/18/anak-smp-sudah-punya-bisnis/#sthash.YcqV3bj6.dpuf
Kenny Kurniawan (14) dan Kevin (14)
Kenny Kurniawan (14) dan Kevin (14)
Kenny Kurniawan (14) dan Kevin (14)

0 Response to "Inspirasi Bisnis Anak SMP"

Post a Comment