Seperti halnya toko offline, toko online juga membutuhkan "petugas" yang akan memberikan informasi yang detil kepada pengguna mengenai berbagai hal yang dijual di toko tersebut. Hanya saja perbedaannya, dalam toko online keterangan tersebut berupa teks dan gambar.
Nah, petugas toko online kita berupa teks dan gambar tadi juga haruslah "petugas" yang baik dan memudahkan pengunjung. Anda tentu tidak ingin berbelanja di toko yang petugasnya justru membingungkan kita.
Berikut 10 hal penting yang harus ada di toko online.
1. Kontak
Bagian ini merupakan hal penting, terutama untuk pasar Indonesia. Ada banyak orang yang lebih nyaman berbelanja secara online jika menghubungi toko tersebut melalui telepon atau email. Pastikan kontak berisi, no telpon, sms, BBM/Whatsapp, email. Pastikan pula bahwa kontak tersebut bisa dihubungi oleh konsumen dengan mudah. Untuk no telpon, tidak perlu memasang semua no telpon Anda, tetapi yang penting, no telpon tersebut selalu bisa dihubungi oleh konsumen.
2. Deskripsi Produk
Dalam toko online, deskripsi produklah yang memainkan peranan penting untuk menjelaskan kepada konsumen mengenai produk tersebut. Untuk barang yang memiliki ukuran, cantumkan ukuran dengan jelas. Intinya jelaskan secara rinci dan sistematik mengenai produk tersebut tanpa bertele-tele.
3. Foto Produk
Pada toko online, pembeli tidak melihat barang kita secara fisik. Pastikan untuk memberikan visual berupa foto atau video yang lengkap. Untuk foto Anda bisa memperlihatkan tampilan depan, kiri, kanan, belakang dengan visual yang baik.
4. Kemudahan Navigasi
Pastikan pengunjung Anda memiliki navigasi sehingga mudah berkunjung dari satu produk ke produk lainnya.
5. Memiliki Tombol Search
Tombol Search sangat penting bagi pengunjung yang tidak ingin berlama-lama. Ingat bahwa pembeli itu ada 2 macam. Ada yang senang berkunjung dan berkeliling sendiri mencari barang yang diinginkannya. Ada pula pembeli yang ingin cepat, masuk toko langsung bertama apakah menjual barang A. Nah, tombol search berfungsi untuk hal tersebut.
6. Cara Pemesanan
Terserah apakah Anda ingin menggunakan shopping cart atau manual, intinya bahwa pengunjung Anda diberi informasi cara pemesanan yang mudah. Hindari membuat cara pemesanan yang membingungkan. Masih ada toko online yang membuat cara pemesanan dengan membuat format sms tertentu yang justru sangat membingungkan pembeli mereka.
7. Website Mudah Diakses
Pastikan bahwa website toko online Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk diakses. Ini seperti toko offline, Anda tentu akan malas berkunjung ke toko yang jalur lalu lintas ramai dan macet yang justru bisa membuat frustrasi.
8. Produk Terkait
Hal ini penting untuk merekomendasikan produk-produk yang sekiranya dibutuhkan konsumen kita, berdasarkan hal-hal yang sudah dikliknya.
9. Testimoni
Bagian testimoni hal penting yang harus dimiliki website untuk membangun kepercayaan pada konsumen Anda.
10. Katalog
Bagi beberapa orang memperhatikan katalog jauh lebih penting. Sediakan katalog untuk mempermudah pembeli Anda.
Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat sendiri website. Anda bisa membeli theme wordpress yang mendukung semua hal tersebut diatas. Indostore adalah theme wordpress toko online yang saya gunakan dan hasilnya bisa meningkatkan penjualan saya. Silahkan klik di sini buat Anda yang membutuhkan theme toko online wordpress yang murah tapi powerfull.
10 Hal Penting Yang Harus Ada Di Toko Online
Posted by zoel
on Sunday, November 10, 2013,
Add Comment
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "10 Hal Penting Yang Harus Ada Di Toko Online"
Post a Comment