Latest Updates

Tips Peluang Usaha Pencucian Motor

Pencucian motor memiliki prospek yang baik, ini bisa dilihat dari data pengguna sepeda motor di Indonesia menurut BPS pada tahun 2011 sebanyak 68.839.341, itu secara global. Karena usaha sepeda motor adalah usaha yang sangat lokal, maka data pengguna sepeda motor di daerah Anda tentu lebih valid untuk diungkapkan.

Dalam pengamatan saya, hampir setiap daerah memiliki pengguna sepeda motor yang besar, dan ini tentu saja peluang yang baik bagi yang ingin berbisnis pencucian sepeda motor. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuka usaha sepeda motor antara lain:

Tempat
Pastikan tempat yang anda pilih dilalui oleh banyak pengguna motor. Semakin banyak pengguna motor yang lewat, semakin kecil biaya promosi yang Anda keluarkan, karena cukup dengan memasang spanduk usaha Anda, maka konsumen bisa dengan mudah menemukan Anda.

Faktor ketersediaan air juga perlu menjadi pertimbangan bagi Anda, pastikan bahwa di tempat usaha Anda tersedia air yang memadai dan bersih. Pastikan juga membangun sistem pembuangan limbah sederhana. Mulailah bisnis Anda dengan baik. 

Saingan
Jika ditempat tersebut sudah ada usaha sejenis, sebaiknya pikirkan kembali. Usaha pencucian sepeda motor sebaiknya tidak berdekatan antara satu dengan yang lainnya.

Hasil Kerja
Inti dari bisnis pencucian motor tentu saja konsumen ingin motornya bersih dengan "sempurna". Selalu pastikan bahwa petugas dan alat yang digunakan bisa menghasilkan motor konsumen jauh lebih bersih. Berikan penjelasan kepada karyawan, bagian-bagian motor yang harus dicuci dan diperiksa secara detail terutama bagian-bagian yang tersembunyi. Terus pelajari cara mencuci motor yang baik.

Selain hasil kerja yang baik, pelanggan juga membutuhkan pencucian yang tidak terlalu lama. Ini tentu bertentangan karena ingin hasilnya baik, tapi juga cepat. justru disinilah tantangan usaha pencucian motor.

Ruang Tunggu
Ini tidak bisa dilupakan jika Anda ingin membangun usaha jasa cuci motor yang baik. Sediakan beberapa fasilitas seperti tv atau bahan bacaan. Jika tempat ada cukup luas dan memungkinkan Anda bisa menyediakan minuman ringan atau kopi bisa gratis yang Anda hitung dengan biaya cuci motor, bisa juga anda jual terpisah. Intinya bahwa usaha pencucian mobil Anda bisa dipadukan dengan usaha warung kopi.

Sediakan juga cuci helm
Ini tentu optimal, tetapi jika tempat masih memungkinkan Anda bisa sekalian membuka usaha cuci helm. Di artikel berikutnya kami akan membahas tips usaha cuci helm.  

Pelayanan yang Ramah
Pelayanan yang ramah adalah bagian yang tidak bisa anda lupakan dalam bisnis apapun, terlebih bisnis jasa seperti pencucian motor ini.

Promosi
Terapkan berbagai promosi menarik. Buat pelanggan Anda selalu mencuci di tempat Anda, misalnya cuci 10 x gratis 1x. sediakan juga kartu anggota yang distempel setiap selesai mencuci, sehingga pelanggan Anda selalu ingin mencuci di tempat Anda karena mengejar promosi cuci gratis.

Desain Tempat Usaha
Ingin tempat usaha Anda memiliki nilai tambah, buat tempat usaha dengan desain-desain bertema tertentu. Misalnya bertema F1 atau tema-tema lainnya. 

0 Response to "Tips Peluang Usaha Pencucian Motor"

Post a Comment