Latest Updates

Tips Bisnis Warnet

Booming warnet terjadi pada sekitar tahun 2000an awal, tetapi walaupun demikian bisnis warnet tetap punya pasar hingga saat ini. Memang bisnis warnet saat ini juga harus menghadapi tantangan dengan semakin murahnya harga modem dan smartphone. Tetapi menurut saya, warnet tetap memiliki potensi besar tergantung lokasi Anda. Berikut beberapa hal yang bisa Anda persiapkan saat akan membuka usaha warnet

Tempat
Sebaiknya pilih tempat yang strategis dan memiliki penduduk usia remaja yang cukup besar, karena dari beberapa survey, pengguna warnet didominasi oleh remaja. Dekat dengan perkantoran, sekolah dan kampus adalah pilihan tempat yang cukup strategis.

Biaya-Biaya
Saat akan terjun di bisnis warnet, maka ada sejumlah biaya-biaya yang harus Anda siapkan selain biaya berlangganan internet dan karyawan yaitu biaya listrik. Dalam bisnis warnet, listrik adalah hal penting. Pastikan kapasitas listrik yang anda miliki mampu untuk menampung kebutuhan listrik sesuai dengan jumlah komputer yang Anda miliki.

Memadukan dengan Usaha Lain
Ingin memadukan bisnis warnet dengan online game? sebaiknya pikirkan matang-matang. Terkadang pengguna warnet menginginkan suasana tenang dan berbeda dengan online game yang malah menginginkan suasana riuh. Pastikan dulu bahwa pelanggan Anda mayoritas menginginkan game online atau warnet.

Karena tulisan ini fokus pada warnet, maka saran saya dari pada memaksakan untuk memadukan warnet dengan game online lebih baik anda padukan dengan cafe kecil untuk melayani konsumen Anda. Bisa jadi dari sana Anda malah bisa merintis usaha cafe yang dilengkapi fasilitas internet.

Pelayanan
Bagian paling penting dari warnet adalah kecepatan akses, pastikan kecepatan akses Anda tidak lebih lambat dari fasilitas modem dari provider seluler. Pastikan juga ditempat Anda tersedia fasilitas pendukung seperti toilet dan mushollah. Jangan lupa pisahkan juga ruangan antara ruangan yang merokok dan tidak merokok. Jangan sampai pelanggan Anda yang tidak merokok kabur karena warnet dipenuhi bau asap rokok.

Strategi Harga
Ada bisa memainkan berbagai promo harga seperti harga paket akses untuk happy hour atau juga paket promo untuk pelanggan tetap.

Rangkul komunitas
Anda bisa merangkul berbagai komunitas serta mengadakan berbagai pelatihan-pelatihan internet di tempat Anda. Anda bisa membuat pelatihan tentang internet marketing, pelatihan bisnis toko online, dan sebagainya yang melibatkan komunitas-komunitas yang ada.

Urus Ijin yang Diperlukan
Warnet juga membutuhkan ijin usaha, saran saya uruslah ijin usaha Anda agar usaha tidak berhenti di tengah jalan.

0 Response to "Tips Bisnis Warnet"

Post a Comment