Latest Updates

Tips Bisnis Toko Oleh-oleh

Bisnis toko oleh-oleh adalah bisnis yang cukup prospek terutama jika tempat tinggal anda merupakan daerah yang memiliki objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Hampir dipastikan bahwa dalam sebuah traveling, oleh-oleh adalah hal yang tidak bisa dilupakan. Sayangnya masih banyak daerah yang belum betul menggarap oleh-oleh khas daerahnya, terutama yang bisa dengan mudah dibawa pulang oleh wisatawan. Toko oleh-oleh menurut saya masih kalah pamor dengan pusat kuliner di daerah wisata yang sudah mulai tumbuh dan berkembang. Ini tentu peluang bagi Anda yang ingin berbisnis toko oleh-oleh.

Menurut saya, bisnis toko oleh-oleh akan sangat banyak dibantu dinas pariwisata nantinya karena juga akan membantu menggiatkan pariwisata di daerah Anda.Bagian paling sulit mungkin memulai, tetapi saat bisnis Anda sudah jalan, Anda punya kesempatan sangat besar untuk menjalin kerjasama dengan banyak instansi termasuk dengan pemerintah dan hotel-hotel, penyelenggara wisata dan pengelola wisata yang berkaitan dengan daerah Anda.

Apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis oleh-oleh :

Survey
Surveylah hal apa saja yang berkaitan dengan daerah Anda. Lalu juallah dengan cara kreatif. Salah satu yang bisa kita contoh adalah chocodot. Oleh-oleh khas garut yang awalnya hanya dodol, dimodifikasi hingga lahirlah chocodot. atau kaos yang sesuai dengan ciri khas daerah anda. Tentu untuk hal ini Anda harus survey mengenai desain-desain yang benar-benar unik.

Kemasan
Faktor kemasan adalah hal yang tidak bisa dilupakan dalam bisnis oleh-oleh. Kita bisa belajar pada Dagadu Djogja, bahkan untuk kaos pun, dia tidak menjualnya begitu saja, tetapi dikemas secara kreatif dan menarik. Ini juga bisa menjadi peluang, misalnya ada usaha kecil yang rasa makanannya enak, tetapi belum menyentuh pasar sebagai oleh-oleh anda bisa bekerjasama dengannnya dan memposisikan diri Anda sebagai pemasar yang mengurus kemasan dan promosi.

Kualitas
Aspek kualitas adalah faktor penting dalam oleh-oleh. Dengan menjaga kualitas dan rasa maka produk Anda akan terus dicari oleh wisatawan yang mendengar cerita produk Anda dari orang lain.

Lokasi
Lokasi terbaik dari bisnis oleh-oleh adalah berada tidak jauh dari daerah wisata, sehingga memudahkan turis yang ingin berbelanja untuk mendapatkan produk Anda.

Pengalaman Berbelanja
Bisnis wisata adalah bisnis yang melibatkan perasaan manusia. Sehingga sebisa mungkin tawarkan pengalaman unik wisatawan saat masuk ke tempat Anda. Kita bisa belajar dai Joger Bali yang menawarkan pengalaman menarik saat belanja ke toko mereka. Ini akan menjadi perbincangan menarik diantara  mereka, sehingga tak jarang bisa jadi mereka datang bukan sekedar untuk berbelanja tetapi ingin mengalami perasaan unik saat mendatangi toko anda.

Promosi
Berpromosilah, bahkan Anda bisa berpromosi sebelum wisatawan mengunjungi daerah Anda. Salah satu promosi termurah adalah melalui internet. Anda bisa mempromosikan usaha Anda salah satunya dengan memasukkan profil bisnis Anda di SayaReview.com

0 Response to "Tips Bisnis Toko Oleh-oleh"

Post a Comment