Latest Updates

Tips Berbisnis Fotocopy

Seorang kawan pernah berkelakar, untuk melihat sebuah daerah maju atau tidak, coba liat ada usaha fotocopy atau tidak? Barangkali ini ada benarnya karena tidak semua tempat cocok untuk usaha fotocopy. Nah! bagi Anda yang berbisnis fotocopy kita yuk simak Tips Berbisnis Fotocopy berikut :

Tempat
Ini yang paling penting dalam berbisnis fotocopy. Pastikan bahwa tempat yang Anda pilih benar-benar tempat yang cocok buat usaha fotocopy, beberapa pertimbangan yang bisa Anda survey berkaitan dengan usaha fotocopy antara lain: berapa banyak sekolah ditempat itu, berapa banyak kantor pemerintahan, apakah daerah pemukiman yang ramai, ada berapa usaha fotocopy yang sudah berdiri. Hal-hal tersebut diatas anda survey dan catat. Jika ditempat itu merupakan lokasi yang dekat dengan sekolah, kantor pemerintah dan deerah pemukiman. Itu tentu hal yang baik untuk usaha mesin fotocopy. Lalu bandingkan juga dengan berapa usaha fotocopy yang sudah berdiri.

Analisis Pesaing
Setelah mendapatkan tempat strategis, pastikan ada berapa usaha fotocopy yang sudah berdiri, apakah masih terbuka pasar yang besar. Ini Anda bisa lihat dari melihat tempat fotocopy yang sudah ada. Jika sering terjadi antrian panjang berarti masih terbuka peluang untuk membuka usaha fotocopy. Selain itu pastikan juga untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan pesaing, duplikasi dan perbaiki. Sehingga usaha fotocopy Anda akan "berbeda" dengan usaha pesaing.
Dalam bisnis selalulah jadi yang pertama. Jadi misalnya Anda bukan fotocopy pertama di daerah tersebut, tetapi Anda bisa membuat "usaha fotocopy pertama yang bisa fotocopy berwarna", dst. Temukan perbedaan Anda dan jadilah yang pertama.

Mesin yang Handal
 Mesin tentu saja menjadi senjata penting usaha fotocopy, karena ini adalah inti dari bisnis fotocopy. Dalam berbisnis mesin fotocopy ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu membeli mesin atau menyewa mesin. Mana yang terbaik dari kedua ini, tentu saja tergantung modal dan prospek usaha Anda. Satu hal yang pasti, yaitu pastikan bahwa mesin fotocopy yang digunakan adalah mesin fotocopy yang handal. Handal berarti mesin fotocopy itu mempunya hasil copy yang baik, juga tak rumit dalam perawatan serta memiliki suku cadang yang mudah didapatkan.

Tak Hanya Fotocopy
Konsep one stop service adalah konsep penting dalam bisnis mesin fotocopy. Selain usaha fotocopy, lengkapi juga usaha Anda dengan menyediakan alat tulis kantor (ATK) bahkan termasuk materai serta laminating dan penjilidan. Penjilidan ini juga terdiri dari berbagai jenis baik soft cover, spiral ataupun hard cover.

Servis yang Menyenangkan
Jika usaha fotocopy Anda telah ramai dan sering terjadi antrian, pastikan untuk menyediakan kursi untuk menunggu. Anda bisa melengkapi dengan bacaan ringan serta menjual minuman ringan. Lumayan bisa menambah pendapatan dari pembelian minuman. Tentu saja bagian paling penting adalah usahakan agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Jika dirasa perlu untuk menambah jumlah mesin fotocopy itu tentu lebih baik untuk mengurangi antrian pelanggan.

Strategi Harga
Buat strategi harga. Misalnya dengan membuat promo harga khusus untuk jumlah fotocopyan dalam jumlah besar. Strategi ini biasanya sangat penting untuk usaha fotocopy yang dekat dengan kampus, karena mereka biasanya membutuhkan fotocopy dalam jumlah besar.

Mengenali Hambatan
Dalam bisnis, tentu saja tak selamanya mulus, tentu saja ada berbagai hal yang mesti diperhatikan agar bisnis fotocopy berjalan lancar. Berbagai kendala yang biasanya dihadapi dalam usaha fotocopy adalah :

- Mesin error : Jika mesin error, bisa jadi mesin tidak bisa jalan atau mesin fotocopy hasilnya kotor. Ini tentu saja akan menjadi hambatan Anda. Solusi: Lakukan perawatan mesin secara teratur, jangan bergantung pada satu mesin, serta ketahui sedikit bagaimana mengatasi mesin fotocopy Anda agar tidak bergantung terlalu banyak dengan tukang servis.

- Kenaikan Harga : Harga kertas dan berbagai bahan baku rentan dengan kenaikan harga, ini tentu lambat laun akan mempengaruhi bisnis jika berlangsung terlalu sering. Solusi : Jangan terlalu sering untuk menaikkan harga, pastikan harga yang Anda berikan sedari awal sudah memikirkan potensi kenaikan harga bahan baku 10%.

- Pesaing. Dalam bisnis pesaing adalah hal yang tidak mungkin dihindari. Jika usaha Anda ramai, tentu banyak orang yang akan menduplikasinya. Solusi : Kreatiflah. Lakukan terus inovasi dan melengkapi usaha fotocopy Anda.

Itulah beberapa tips usaha fotocopy. Jika Anda punya pengalaman berbisnis fotocopy dan ingin membangikannya, silahkan berkomentar untuk menambah referensi mereka yang ingin menekuni usaha sejenis.

 

0 Response to "Tips Berbisnis Fotocopy"

Post a Comment