Latest Updates

Bisnis Tanpa Modal Ala Pengusaha Besar

Selama ini kita selalu terpaku bahwa bisnis bagian paling utamanya adalah modal uang. Padahal tak sedikit orang yang punya modal banyak justru bingung mau bisnis apa. Tak sedikit juga orang yang punya modal, punya keinginan tapi juga belum bisnis, alasannya belum berani. Begitulah kita, terkadang justru yang membuat diri kita tidak melangkah adalah diri kita sendiri.

Lewat tulisan ini saya ingin mensarikan beberapa tulisan dari pengusaha-pengusaha sukses yang memberi pandangan bahwa bisnis bisa jalan tanpa modal uang. Padahal dalam banyak cerita-cerita sukses, justru bagian paling penting dari sebuah usaha adalah memiliki konsep yang matang. Justru inilah yang sering dilupakan orang.

Bob Sadino
Saat itu Bob Sadino masih belum punya uang, ia melihat tetangganya berjualan kue. Tetangganya tersebut memproduksi dan menjual sendiri kue buatannnya. Bob Sadino lalu menawarkan konsep ke tetangganya. Ia menawarkan diri untuk menjualkan kue tersebut dengan sistem bagi hasil, ia menawarkan cara berfikir baru kepada tetangganya, "jika ibu fokus membuat kue dan saya fokus berjualan tentu ibu bisa buat kue lebih banyak dan saya bisa jual lebih banyak". Beda halnya jika "ibu yang buat dan ibu pula yang harus bingung menjualnya."Dari konsep yang ditawarkannya ini tetangganya setuju, ia pun mulai bisnisnya tanpa modal.

Bob Sadino menunjukkan bahwa modal itu adalah Konsep dan jaringan (tetangganya) serta kepercayaan.

Ciputra
Saat itu Ciputra baru lulus kuliah, ia belum punya modal, tetapi ia punya konsep dan jaringan. Ia lalu bertemu dengan Sumarno, Gubernur DKI masa itu dan menawarkan konsep Ancol dan Bintaro Jaya. Dengan jaringan yang dimilikinya, Ciputra lalu mempertemukan pemerintah DKI dan pengusaha yang dikenalnya, lalu dibentuklah joint venture.

Ciputra telah menunjukkan bahwa modal ia justru bukan uang, tetapi jaringan dan konsep yang matang mengenai rencana yang dia tawarkan kepada pemerintah serta kepercayaan.

Anda ingin menambahkan pengusaha yang memulai bisnisnya tanpa modal uang? atau Anda punya pengalaman serupa? yuk kita diskusikan

0 Response to "Bisnis Tanpa Modal Ala Pengusaha Besar"

Post a Comment