Latest Updates

Memanfaatkan Keterampilan Sebagai Modal

Dalam berbisnis, keterampilanlah sebenarnya modal Anda. Sedangkan uang pada dasarnya hanya merupakan alat bantu untuk menjual. Banyak sekali orang yang punya modal uang, tetapi karena tidak memiliki keterampilan akhirnya bingung uangnya mau digunakan untuk berbisnis Apa.

Tulisan ini merupakan salah satu tulisan yang menjadi bagian dari Bisnis Tanpa Modal yang akan banyak saya tuliskan di blog ini.

Apakah semua orang punya keterampilan ? Ya, semua orang pada dasarnya punya keterampilan tapi tidak semua orang menyadarinya. Mengapa keterampilan sederhana kita bisa ada yang mau membayarnya ? Berikut beberapa alasan mengapa orang menggunakan keterampilan kita.

1. Tidak semua orang memiliki kemampuan sesuai dengan kemampuan kita bahwa untuk hal yang sangat sederhana. Anda bisa membuat kue, tidak semua orang bisa melakukan. Anda bisa bercerita. Tidak semua orang bisa melakukan. Nanti saya akan tuliskan caranya bagaimana agar keterampilan tersebut bisa "dijual"

2. Tidak semua orang punya waktu. Tidak semua orang punya waktu seperti kita untuk mengerjakan berbagai hal yang kita punya. Inilah yang kita manfaatkan untuk menjual kemampuan kita.

3. Banyak orang yang malas melakukannya atau malas mempelajarinya. Yah, kita bisa memanfaatkan kemalasan orang lain dan menjual kemampuan kita.

Lalu bagaimana kita menjual keterampilan kita. Menurut saya, ada 2 hal yang bisa kita lakukan memanfaatkan 3 alasan tersebut diatas tadi.

Jual Jasa Langsung
Untuk mendekati tidak punya waktu atau orang-orang yang malas melakukannya kita bisa jual jasa langsung. Misalnya, kita punya keterampilan menulis artikel. Kita cari aja orang-orang yang membutuhkan jasa penulisan artikel karena ia tidak punya untuk menuliskannya sendiri. Atau misalnya kita punya keterampilan membuat kue, kita bisa mengerjakan jasa membuat kue untuk orang lain.

Ajarkan caranya
Untuk mendekati konsumen yang memang tidak tahu, Anda bisa mengajarkannya caranya. Anda bisa menjual ebook atau video yang menjelaskan sesuatu hal mengenai keterampilan Anda. Misalnya Anda bisa membuat kue. Buatlah ebook atau video cara praktis membuat kue lebaran, dan sebagainya. Atau anda bisa membuat kelas online dan semacamnya.

Tips
Intinya dalam memanfaatkan keterampilan sebagai modal adalah bagaimana Anda mengemas keterampilan Anda sehingga orang lain percaya bahwa Anda adalah orang yang tepat buat mereka.
 

0 Response to "Memanfaatkan Keterampilan Sebagai Modal"

Post a Comment