Latest Updates

Cara Mengelola Keuangan Usaha

Mengelola keuangan usaha dengan baik merupakan salah satu cara untuk menjamin dan memberi kepastian pendanaan bisnis kita di masa depan. Tetapi seringkali persoalan ini menjadi persoalan yang sering dilupakan oleh usaha kecil yang masih dikerjakan sendiri. Akibatnya uang usaha bercampur dengan uang pribadi.

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar kita bisa mengelola keuangan usaha dengan lebih baik.

Lakukan pencatatan
Mustahil kita bisa mengatur keuangan usaha tanpa pencatatan, walaupun sekitar pencatatan pemasukan dan pengaluran. Intinya catat setiap pemasukan dan pengeluaran sekecil apapun.Bagi saya pencatatan keuangan juga penting untuk melihat kemajuan bisnis kita. Selalu ada semangat baru setiap kali hasil pencatatan keuangan menunjukkan kemajuan.

Pisahkan Uang Usaha dan Pribadi
Salah satu cara agar uang usaha tidak bercampur dengan uang pribadi adalah membuat rekening yang terpisah antara uang usah dan uang pribadi.

Proporsi Keuntungan
Beberapa pakar keuangan memberikan batasan maksimal 30% saja dari keuntungan (bukan omset) yang bisa kita gunakan untuk menggaji diri kita. 10% untuk zakat, 10%unya untuk ditabung. Dan jangan lupa 20% untuk tabungan usaha, serta 30% sisanya untuk membayar utang usaha atau membayar cicilan modal.

Buat efesiensi
Anda bisa mengatur stok dengan baik, karena dengan arus stok yang baik maka dana mengendap akibat stok yang tidak bergerak bisa diminimalisir.

Beberapa pihak juga menganjurkan gunakan pihak ketiga untuk mengatur keuangan usaha kita. Tetapi menurut saya, langkah ini baru dilakukan jika usaha sudah cukup besar. Jika Anda masih self employ, Anda bisa melakukannya sendiri, tentu saja tetapi membutuhkan kedisiplinan diri yang tinggi.

0 Response to "Cara Mengelola Keuangan Usaha"

Post a Comment