Latest Updates

Cara Mendirikan CV

Beberapa diantara kita yang masih awal merintis bisnis pasti selalu melupakan aspek perisinan, yang penting bisnis jalan dulu. Saya pun demikian, setelah bisnis berjalan lumayan mulailah berfikir untuk mengurus badan usaha. Salah satu badan usaha yang banyak digunakan adalah CV atau commanditaire vennootschap atau biasa juga disebut Persekutuan Komanditer. CV banyak dipilih pengusaha karena alasan simpel dan tidak membutuhkan modal yang besar seperti halnya PT. Hanya saja salah satu kelemahan CV dipemberian nama yang bisa saja sama antara satu CV dan CV lainnya.

Secara aspek usaha, CV termasuk badan usaha yang bukan badan hukum. Maksudnya adalah apabila suatu saat ada pinjaman CV yang dituntut pihak ketiga, maka yang dituntuk adalah orangnya bukan CVnya sehingga bisa saja saat dinyatakan pailit, maka harga pengurusnya bisa disita untuk melunasi utang usaha. Beda misalnya dengan PT yang merupakan badan usaha yang merupakan badan hukum, saat dinyatakan pailit maka hanya harta badan usaha tersebut yang dapat disita.

Bagi yang masih pemula, seringkali bertanya apa sih manfaat saya mengurus CV, sehingga saya harus mengeluarkan uang untuk mengurus CV? 

Kepastian Hukum
Dengan memiliki badan usaha, maka kita memiliki kepastian hukum. Banyak proyek-proyek yang mengharuskan mitranya adalah mereka yang memiliki badan usaha, hal ini untuk meyakinkan mereka bahwa mitra mereka adalah mitra yang bisa dipercaya.

Membuat Rekening an. perusahaan 
Banyak pebisnis online yang masih menggunakan rekening usahanya atas nama pribadi, tetapi dengan memiliki badan usaha maka maka Anda bisa membuat rekening usaha an. perusahaan. Selain membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, juga membantu Anda mengatur keuangan, karena terpisahnya keuangan pribadi dan perusahaan.

Mendaftarkan Situs Perusahaan
Salah satu syarat mendapatkan domain berekstensi co.id adalah memiliki badan usaha. Dengan memiliki badan usaha Anda bisa mendapatkan domain co.id yang juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Intinya bahwa dengan memiliki badan usaha, maka Anda dapat bergerak leluasa untuk mengembangkan usaha termasuk juga lebih mudah membuat usaha mendapat pinjaman dari bank. 

Cara Mendirikan CV
Sebenarnya cara mendirikan cukup sederhana, Anda bisa langsung menuju ke notaris yang berada di lingkungan Anda. 
Beberapa yang perlu anda siapkan antara lain:
- KTP pendiri. Pendiri CV harus 2 orang yang mana satu bertindak sebagai pesero aktif dan satu lagi sebagai pesero pasif.
- Nama perusahaan
- Alamat dimana CV berkedudukan
- Jenis usaha yang akan dijalankan.

Berapa biaya yang harus dibayarkan untuk mendirikan CV. Dari berbagai pengalaman yang ada, biaya CV berkisar antara 2 juta, ini sudah termasuk dengan pendaftaran ke pengadilan tinggi. Tetapi ini juga tergantung tempat pendirian CV.

0 Response to "Cara Mendirikan CV"

Post a Comment