Betul bahwa bisnis adalah bagian penting untuk mendapatkan uang. Tetapi
betulkah bahwa bisnis semata-mata mengejar uang?
Dalam berbagai makalah tentang bisnis, maka uang bukanlah faktor utama dalam
sebuah bisnis. Dulu, saya seringkali tidak percaya jika ada yang mengatakan
bahwa uang bukanlah modal utama dalam berbisnis, walaupun uang tentu
dibutuhkan. Karena pondasi terbesar dari sebuah bisnis adalah ide dan
kreatifitas.
Jika Anda berhasil memformulasikan ide dan kreatifitas ke dalam sebuah
karya, maka uang pasti akan mengikuti. Akan banyak yang berniat untuk
menanamkan uangnya kepada Anda. Ketika pertama kali memulai bisnis penerbitan.
Saya mulai dari sebuah ide awal. Saya ingin bikin penerbitan, walau saya sama
sekali tidak tahu dimana modal awal saya untuk menerbitkan buku.
Hingga kemudian
saya menemukan orang yang mau mendanai bukunya. Lalu mulailah saya melakukan
kerja-kerja penerbitan seperti mengedit hingga membawa ke percetakan. Dari
sana, satu persatu saya mengerjakan proyek penerbitan dan berhasil membuat
penerbitan seperti impian saya.
Hingga kemudian saya sampai pada sebuah pemahaman bahwa ternyata betul, inti
dari sebuah bisnis ada pada produk. Jika Anda berhasil menciptakan
produk-produk yang betul-betul bisa memberi nilai tambah pada penggunanya, maka
uang akan mengikuti Anda. Sebaliknya, jika Anda hanya memikirkan uang, berharap
pada laba yang besar sehingga melupakan produk Anda. Anda berkonsentrasi
bagaimana menjual lebih banyak dan untung lebih banyak, akhirnya pelanggan bisa
saja terabaikan. Hingga pada satu titik, pelanggan akan meninggalkan Anda.
Berfokuslah pada penciptaan produk-produk yang dicintai pelanggan Anda, maka
uang akan mengikuti. Kalimat ini seringkali menjadi kalimat yang diungkapkan
kepada pebisnis mula, untuk tidak menjadi modal uang sebagai sandungan
berbisnis, juga agar tidak menjadikan uang sebagai tujuan bisnisnya. Tetapi berfokus
pada penyenangkan pelanggan.
Ingat, bahwa dalam bisnis yang kita cari bukan pembeli tetapi pelanggan.
Jika sekedar ingin mendatangkan pembeli, maka bisnis hanya akan bertahan dalam
jangka pendek, tetapi jika bisnis berorientasi pada pelanggan, maka bisnis akan
bertahan dalam jangka panjang karena ditunjang dengan pelanggan yang loyal.
Ingat bahwa pelanggan yang loyal, terkadang tidak hanya berbelanja tetapi juga
menjadi marketing terdepan kita.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Bisnis dan Uang"
Post a Comment