Latest Updates

Dari Mana Peluang Bisnis Berasal?

Pertanyaan paling dasar yang seringkali diajukan oleh mereka yang terjun di dalam dunia bisnis adalah bagaimana saya menemukan peluang untuk bisnis? Darimanakah saya harus memulai?
Menemukan ide bisnis sebenarnya gampang-gampang susah. Bagian pertama dari sebuah bisnis adalah mengenal diri Anda dan mengenal lingkungan Anda tempat bisnis akan dijalankan.
Mengapa mengenal diri sendiri menjadi penting?

Dalam sebuah bisnis, Anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan. Dihadapkan pada berbagai tantangan dan hambatan-hambatan. Itulah mengapa kita harus mengenal diri kita. Nanti pada saat akan saya tuliskan tentang 4 kuadran peluang bisnis, Anda akan memahami pentingnya mengenal diri sendiri.

Bagian selanjutnya adalah melakukan riset terhadap lingkungan. Pada bagian ini, kita mengamati permasalahan-permasalahan dan kebutuhan-kebutuhan lingkungan kita. Pada bagian ini kita betul-betul harus melakukan riset yang baik, bukan berdasarkan perkiraan-perkiraan tetapi jika perlu dengan angka-angka.

Seringkali peluang bisnis yang ada di depan kita sangat banyak, tetapi karena memang karena kita tidak mencarinya ya sudah, lewat begitu saja. Padahal kita bisa belajar mengenal ide bisnis dari rumusan yang dikemukan oleh Igor Ansof seorang pakar marketing strategi seperti yang disadur dalam makalah Denny Bernadus di kuliah Ciputra Online.

Peluang bisnis itu bisa kita manfaatkan bisa dibagi berdasarkan kriteria pasar dan produk.  Pertama, pasarnya sudah ada dan produknya sudah ada. Pada peluang kita tahu bahwa jika kita menjual produk A, maka peminatnya ada dan produknya mudah didapatkan sehingga juga akan rentan dengan persaingan. Anda bisa saja memanfaatkan peluang ini memanfaatkan banyaknya permintaan pasar, tetapi agar bisa tetap tetap bersaing Anda harus memberikan nilai tambah produk Anda karena produk Anda akan bersaing dengan produk sejenis yang juga banyak. Jika anda terjun pada kuadran ini, Anda disebut memanfaatkan peluang.

Kedua, pasarnya belum ada, tetapi produknya sudah dikenal. Pada posisi ini, Anda mencari peluang. Pada kondisi ini misalnya, pada kondisi ini misalnya Anda awalnya memproduksi produk A, tetapi karena ingin mencari peluang baru, produk A anda dimodifikasi untuk pasar baru. Tentu saja Anda bisa gagal, bisa berhasil. Jika berhasil Anda akan menguasai pasar karena itu adalah pasar yang Anda ciptakan dan tidak banyak yang pesaing yang ada disana. Ketika masuk dalam kuadran ini, maka dibutuhkan riset yang matang agar pasar yang diciptakan bisa berhasil.

Ketiga, pasarnya sudah ada tapi produknya baru. Ini yang disebut Anda menemukan peluang. Pada kuadran ini, Anda harus menciptakan produk-produk yang sebenarnya pasarnya sudah ada. Intinya pada kuadran ini Anda harus melakukan survey dan riset mengenai apa yang orang lain butuhkan dan menginginkan kebutuhan itu dipenuhi tetapi ternyata belum ada produknya.

Keempat, kuadran yang disebut menciptakan peluang. Ini tentu adalah tingkatan tersulit dari sebuah peluang. Pada kuadran ini selain pasar yang belum ketahuan, produk Anda pun harus diciptakan baru. Sehingga tentu saja tantangannya akan semakin besar. Tetapi jika Anda berhasil, maka akan menjadi market leader, dan seperti yang kita pahami, bahwa pada kuadran inilah sebenarnya entrepreneur berada.

0 Response to "Dari Mana Peluang Bisnis Berasal?"

Post a Comment