Latest Updates

4 Sumber Dana Mendapatkan Modal Usaha

Pertanyaan paling sering yang diajukan oleh mereka yang berniat untuk terjun ke bisnis adalah dari segi modal. Walaupun Anda bisa saja memulai bisnis tanpa modal, tetapi untuk Anda yang menanyakan dari manakah sumber dana bisa kita dapatkan untuk bisnis?

Sumber dana untuk menjalankan bisnis bisa didapatkan dari beragam cara yang disebut sebagai 4F, Yuk, kita bahasa satu bersatu 4F (founder, family, friend, fool) sebagai sumber dana buat bisnis tersebut :

1. Founder
Founder atau pendiri dari bisnis tersebut. Jika Anda membangun bisnis seorang diri, danailah usaha Anda seorang diri. Mungkin Anda akan berkata, tapi saya memiliki dana terbatas, mulailah dengan dana yang terbatas, dan pelan-pelan bangun bisnis Anda. Jika bisnis sudah berjalan biasanya relatif lebih mudah untuk mendapatkan sumber dana lainnya.

Jika founder bisnis tersebut bukan hanya satu orang, melainkan lebih tentu Anda bisa lebih mudah untuk mengumpulkan dana. Danailah bisnis Anda sendiri dan mulailah!

2. Family
Keluarga adalah sumber penting untuk mendanai bisnis Anda. Untuk Anda yang masih pelajar Anda bisa meminjam uang kepada orang tua atau kakak. Ingat meminjam! bukan meminta. Jika meminjam, maka akan memacu diri kita untuk bekerja lebih keras agar mampu membayarnya kelak.

3. Friend
Jangan pernah takut untuk menceritakan ide Anda kepada orang lain terutama teman-teman. Barangkali kita akan mendapatkan tertawaan dari 1-2 orang teman, tetapi dari teman yang seide dengan kita, yang melihat ada peluang dari ide yang kita tawarkan biasanya mereka akan ikut bergabung dalam pendanaan.

Anda bisa menawarkan kepadanya untuk mendanai usaha Anda dengan sistem bagi hasil. Jangan tawarkan bunga, karena itu bisa menyebabkan rusaknya pertemanan. Berikan juga pehaman akan adanya resiko dari bisnis. Ingat bagi hasil, bukan hanya membagi keuntungan tetapi juga membagi resiko.

4. Fool 
Investor. Saya pernah mengalami hal ini. Karena kebetulan punya kenalan yang punya banyak dana, saya ceritakan tentang bisnis saya yang masih sangat kecil. Ia senang dengan bisnis yang saya janjikan dan tertarik memberi pinjaman sesuai yang saya butuhkan. Pembayarannya pun dengan bagi hasil dengan jangka waktu tertentu.

Intinya, perbanyaklah jaringan Anda. Jangan meminta uang kepada investor, tetapi ceritakanlah tentang bisnis Anda. Biarlah mereka yang memutuskan apakah tertarik atau tidak. Berdiskusilah dengan banyak orang, barangkali dari diskusi-diskusi tersebut, ada  yang tertarik untuk ikut mendanai bisnis kita. 
 

0 Response to "4 Sumber Dana Mendapatkan Modal Usaha"

Post a Comment