Latest Updates

Organic Traffic atau Pay Traffic

Selama ini banyak pebisnis online yang selalu masih meributkan apakah harus menggunakan organic traffic yang datang dari mesin pencari atau menggunakan traffic berbayar dari iklan baik iklan di sosial media (contohnya Facebook Ads) atau dari mesin pencari seperti (adwords).

Bagi saya, bukan soal traffic berbayar atau organik tetapi kita harus memahami dulu bisnis kita dan pasarnya ada dimana.

Logika bisnis online bisa kita samakan dengan logika pada bisnis offline. Jika tak mampu mendatangkan traffic, juallah pada tempat yang trafficnya sudah ramai.

Misalnya, dibisnis online ada pedagang yang lebih memilih berjualan di pinggir jalan atau dipasar atau bahkan di mall. Nah, model ini adalah mereka mendatangi tempat yang trafficnya tinggi. Di bisnis online kita juga bisa mendatangi tempat yang trafficnya tinggi misalnya ikut berjualan di marketplace semisal bukalapak atau tokopedia. Atau kita juga bisa memanfaatkan situs marketplace semisal berniaga atau olx.

Ada juga tipikal pedagan offline yang bagi dia tidak masalah berdagang dimana karena sifat bisnisnya yang dicari. Dia hanya memperbesar biaya iklan. Nah, model inilah yang akan menggunakan iklan untuk mendapatkan pasar mereka.

Bagi saya, sebelum memutuskan bisnis kita menggunakan iklan yang besar atau tidak.. semuanya ditentukan dari analisa bisnis kita.

Iklan itu penting, hanya saja yang harus kita pikirkan bagaimana agar iklan kita efektif dan efesien.

0 Response to "Organic Traffic atau Pay Traffic"

Post a Comment