Latest Updates

Cara Menjual Dengan Harga Mahal

Selama ini banyak diantara kita yang selalu ingin menjual produknya dengan harga yang murah. Kadang dengan embel-embel promosi, cuci gudang, sale, dan macam-macam istilah lainnya. Salah satu yang kerap digunakan, terutama oleh pelaku bisnis online, karena merasa produknya tidak bisa bersaing dengan produk jualan pesaing yang juga sama-sama berjualan online.

Padahal dalam banyak kesempatan, berbagai pakar marketing, tidak menyarankan Anda menjual produk dengan cara membanting harga. Percayalah, menjual produk dengan cara banting harga hanya akan melahirkan konsumen yang berorientasi pada harga, bukan pada toko Anda. Sehingga, Anda tidak akan pernah mendapatkan konsumen yang loyal. Justru sebaliknya, konsumen Anda akan sangat mudah berpindah ke yang menawarkan harga lebih murah.

Padahal, bisnis akan maju jika ditopang oleh konsumen jangka panjang yang lazim kita sebut sebagai pelanggan.

Dalam salah satu situs berita online, saya membaca sebuah tulisan yang menceritakan tentang salah satu Cawapres yang membeli sebuah makanan tradisional (kue pancong) yang biasanya hanya dijual Rp. 600/biji, tetapi hari itu dibeli oleh sang Cawapres seharga Rp. 50.000/pcs dan dia beli 2 biji.

Sekilas berita itu biasa-biasa aja, namanya juga lagi kampanye. Tetapi menurut saya, ada yang bisa dipelajari dari fenomena ini. Salah satunya adalah bahwa kita bisa menjual produk kita dengan mudah dan dengan harga jauh lebih mahal, jika kita mengetahui pasar dan waktu yang tepat.

Fakta ini, sangat dipercaya oleh perusahan besar. Pernah melihat launching sebuah produk perumahan atau automotif yang biasanya mengklaim penjualan fantastis hanya dalam hitungan jam? Ini bisa terjadi, karena saat launching itu mereka mengundang pembeli potensial (pasar yang tepat) dan mengemas penjualan dengan acara menarik pada launching tersebut (waktu yang tepat).

Bagaimana dengan pelaku bisnis online?
Menurut saya ini sebuah bisa kita tiru dengan skala bisnis. Paling sederhana adalah dengan memperhatikan follower social media kita. Sudahkah kita yang menggunakan sosial media ini masuk ke pasar yang tepat. Mari kita definisikan kembali siapa pasar kita, sehingga kita leluasa menjual tanpa perlu banting harga.

0 Response to "Cara Menjual Dengan Harga Mahal"

Post a Comment