Latest Updates

Hindari Persaingan Harga Murah

Jamak kita lihat dalam berbagai toko online perang harga terjadi begitu besarnya. Toko yang satu dan toko online lainnya kadang saling banting harga demi mendapatkan penjualan. Banyak pelaku toko online melakukan strategi harga murah sebagai strategi pasar mereka dengan alasan karena konsumen toko online mudah sekali melakukan riset pasar dan memutuskan untuk membeli di toko yang menjual dengan harga murah.

Apakah hal ini baik bagi kelangsungan bisnis Anda? Belum tentu, karena dengan strategi banting harga tersebut kita justru bisa saja mematikan produk yang kita pasarkan, karena tentu toko lain akan melakukan seperti yang kita yang kita lakukan, akibatnya semakin kecillah margin keuntungan yang bisa didapatkan. Dalam jangka panjang hal ini tidak selalu baik.

Bahkan PracticalCommerce seperti yang dinukil dari StartupBisnis.com mengungkapkan bahwa strategi banting-banting harga seperti ini adalah strategi bodoh karena ia begitu mudah dilakukan.

Dalam banyak bisnis, konsumen tidak selalu mencari harga yang murah tetapi menginginkan kualitas yang baik. Daripada membanting harga, maka sebagai produsen hal baik yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kualitas barang produksi. Bagi Anda pelaku toko online, daripada banting-bantingan harga lebih bijak jika Anda meningkatkan pelayanan toko Anda.

 Bagi Anda pemilik toko, selalulah untuk mencari produk-produk yang memilih harga eceran minimum sehingga produk yang Anda jual adalah produk yang harganya terjaga oleh supliernya, dan itu berarti potensi keuntungan Anda tidak akan ditekan oleh pesaing yang hanya bisa menggunakan strategi jual murah.

Apa yang Anda harapkan dari konsumen yang memburu harga murah di toko Anda? Apakah ia akan loyal? belum tentu karena konsumen yang mengejar harga murah di toko Anda hanya akan loyal pada harga murah, sehingga saat toko lainnya menjual harga yang lebih murah ia akan beralih ke toko yang memberikan harga murah. Bandingkan bila Anda menjual dengan pelayanan yang prima, maka konsumen yang berbelanja akan setia pada toko Anda. Bukan pada harga!

0 Response to "Hindari Persaingan Harga Murah"

Post a Comment