Latest Updates

Berbagai Cara Investasi Untuk Bekal Pensiun

Banyak orang yang kurang mempersiapkan masa pensiunnya, karena menganggap bahwa masa pensiun adalah masa yang masih cukup lama. Jika kadang kala kita masih bingung menentukan kemana dana kita investasikan untuk persiapan pensiun.

Berikut berbagai pilihan investasi yang bisa kita pilih sesuai dengan portofolio dan juga keuntungan dan kerugian masing-masing investasi.

Investasi pada Properti
Keuntungan : Salah satu yang menjadi keuntungan investasi pada sektor properti adalah besarnya kenaikan nilai investasi terutama jika kita memiliki properti pada daerah yang berkembang. Walaupun tentu saja tidak selalu seperti itu. Jika selain itu bisa sekalian kita gunakan baik sebagai tempat tinggal (rumah dan apartemen) maupun sebagai ruang usaha.

Kerugian : Tentu saja tidak mudah menjual properti. Saat butuh uang, tidak bisa begitu saja Anda cairkan menjadi dana tunai, sehingga harus menunggu pembeli dulu.

Investasi dengan Emas
Keuntungan : Investasi dengan emas saat ini mulai banyak dilirik oleh kalangan kelas menengah dengan alasan karena nilainya yang cenderung naik dari tahun ke tahun. (walaupun juga seringkali turun). Bagi beberapa orang, banyak yang memasukkan emas bukan sebagai nilai investasi tetapi penjaga harta. Maksudnya, jika saat ini Anda membeli emas 10gram seharga 5jutaan, maka di masa akan datang, nilai 10gram akan tetap sama. Keuntungan emas lainnya adalah sifat liquid yang bisa Anda jual dengan mudah saat membutuhkan uang.

Kekurangan : Anda harus menyimpan emas anda dengan baik. Jika tidak memiliki rumah yang aman, Anda harus menyewa safe deposit box.

Berinvestasi dengan Saham
Keuntungan : Nilai saham sangat tergantung dengan kinerja perusahan dari saham yang kita beli. Ini tentu saja membuat banyak orang yang berniat membeli saham harus memahami dengan baik kinerja dari saham yang dibelinya.  Seperti pada investasi dengan emas, saham juga mudah dijual, hanya saja nilai returnnya lebih tinggi tetapi juga memiliki resiko yang tinggi

Kerugian :Investasi ini hanya cocok untuk Anda yang berniat investasi jangka panjang. Jika berniat pensiun dimasa lebih dari 10 tahun lagi, Anda bisa melirik investasi dengan saham.

Investasi Dengan Reksadana
Bila Anda ingin berinvestasi mirip dengan saham tetapi dengan setoran yang kecil, Anda bisa menggunakan reksadana. Nantinya Anda bisa memilih reksadana saham yang akan dikelola oleh manager investasi. Dibanding dengan saham, reksadana saham resikonya sedikit lebih rendah karena biasanya dana Anda akan dimasukkan pada saham-saham pilihan.
Investasi reksadana juga mudah dijual kapan saja Anda membutuhkan uang. Biasanya proses penjualan berkisar 2-3 hari. 

Investasi pada Deposito
Banyak orang yang memilih investasi ini karena alasan simpel walaupun nilainya memang tergolong kecil. Biasanya deposito berkisar 1-2 tahun.

Investasi melalui Obligasi
Obligasi juga termasuk investasi yang cukup aman terutama jika kita memilih membeli obligasi pemerintah semisal ORI. Sedangkan obligasi korporasi bisa beresiko gagal bayar. 

0 Response to "Berbagai Cara Investasi Untuk Bekal Pensiun"

Post a Comment