Latest Updates

BBM di Android atau Perangkat Blackberry Untuk Toko Online

Terlepas pendapat masing-masing orang tentang penggunaan BBM apakah yang terbaik di android atau di Blackberry, di artikel ini saya lebih ingin membahas keuntungan BBM android vs blackberry terutama dalam penggunaanya bagi toko online.

Seperti yang sudah kita ketahui, pengguna Blackberry di Indonesia masihlah sangat besar, sehingga tentu saja dari sini toko online masih sangat tergantung dengan aplikasi BBM. Bagi toko online pada dasarnya ada 2 fungsi dasar BBM.

1) Sarana komunikasi dengan pelanggan. Mirip dengan SMS, Whatsapp dan aplikasi pesan lainnya, masih sangat banyak konsumen yang menginginkan bertanya atau melakukan order melalui BBM.

2) Sebagai sarana promosi. Kini perangkat BBM banyak digunakan toko online untuk melakukan list building dan sebagai sarana mempromosikan produk-produknya.

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan BBM sebagai sarana promosi, Anda bisa membaca diebook yang saya tulis di  101 Cara Menjadikan Blackberry Messenger Sebagai Pemasar Handal

Saya sendiri cenderung menjadikan BBM sebagai fungsi yang pertama. Tentu saja setiap toko online memiliki kecenderungan yang berbeda. Ada yang lebih banyak berpromosi dan ada juga yang menggunakan untuk keduanya.

Dari pengalaman saya menggunakan 2 buah BBM yaitu yang terinstal pada Blackberry dan juga android, maka menurut saya kekurangan dan kelebihan serta cara mengatasi masing-masing kekurangan tersebut antara lain :
1. Kekurangan perangkat Blackberry saya pikir sudah kita ketahui  yaitu gampang hang. Makanya di perangkat Blackberry, saya tidak menginstal banyak aplikasi hanya BBM saja.

2. Harga perangkat android lebih murah dibandingkan Blackberry, tetapi paket berlangganan android sedikit lebih mahal, karena itu saya hanya menggunakan fasilitas wifi untuk mengsupport layanan BBM yang ada di android saya.

3. Jika anda telah membaca ebook saya tentang menjadikan BBM sebagai pemasar handal, maka hal yang mesti kita lakukan adalah memaksimalka auto text. Sayangnya di BBM di android tidak support auto text, maka cara menyikapinya adalah menginstal program auto text. Ada yang berbayar ada yang gratis.

4. Kebanyakan andoid adalah layar sentuh, sehingga untuk mengetikkan pertanyaan konsumen sedikit lebih repot dibandingkan perangkat Blackberry, saran saya untuk customers service toko online sebaiknya pilih perangkat Blackberry.

5. Dengan trik tertentu anda bisa menginstal beberapa  BBM di satu perangkat Android, ini tentu saja hal baik untuk Anda yang berniat menjadikan BBM sebagai list building dan sarana promosi Anda.

6. Tidak ada lampu-lampu yang akan menyala di android yang akan mengingatkan Anda jika ada BBM yang belum terjawab.

Kesimpulan
Bagi Anda yang ingin menjadikan BBM sebagai sarana promosi, BBM di Android cocok buat Anda, tetapi bagi Anda yang ingin menjadikan BBM sebagai customers service, BBM di Blackberry lebih pas buat Anda.

0 Response to "BBM di Android atau Perangkat Blackberry Untuk Toko Online"

Post a Comment