Latest Updates

Tips Jualan Kue Kering Online

Tulisan ini merupakan salah satu edisi Peluang Bisnis Ramadhan yang rencana akan saya tuliskan satu peluang bisnis setiap hari secara lebih gamblang. Harapannya teman-teman yang ingin berbisnis memanfaatkan momentum Ramadhan bisa mendapatkan ide bisnis.

Bisnis Kue Kering adalah satu satu bisnis yang cukup banyak dilakoni pelaku bisnis pada saat Ramadhan menjelang idul fitri. Tetapi untuk mendapatkan penjualan, tentu saja Anda harus memulai membuka toko dan riset sebelum Ramadhan dimulai.  Jika hasilnya lumayan, Anda sebenarnya bisa terus mengupayakan bisnis ini sepanjang tahun, karena industri kue kering sesungguhnya permintaannya tidak pernah berhenti karena selain perayaan agama-agama lainnya seperti natal, juga kue kering seringkali menjadi kebutuhan corporate besar untuk menjamu tamunya.

Ada dua pilihan bagi Anda yang ingin membuka usaha bisnis kue kering online.
1) Anda yang menyediakan kuenya sendiri dan memasarkannya sendiri. Jika Anda menggunakan cara ini, saran saya rekrutlah reseller-reseller, sehingga Anda bisa berkonsentrasi pada produk (jenis dan varian rasa).
Pilihan ini bisa Anda pilih, jika Anda memiliki kemampuan membuat kue atau hobby membuat kue kering serta memiliki modal yang cukup, baik untuk membeli bahan-bahan pembuat kue maupun untuk alat-alat pembuatan kue.

2) Anda tidak perlu membuat kue dan cukup memasarkan kue secara online kepunyaan orang lain. Cara ini cukup simpel Anda pakai jika Anda tidak ingin repot dengan pembuatan kue. Walaupun tentu saja potensi keuntungannya tidak sebesar jika Anda membuat kue sendiri. Tetapi ini sejalan dengan resiko yang tidak terlalu besar.
Karena tulisan ini saya fokus ini membahas pada tips bisnis ramadhan yang minim modal dan dapat dilakukan secara online, maka saya akan membahas tahapan-tahapan jika Anda memilih cara kedua ini.

a) Survey pembuat kue.
Anda bisa mencari pembuat kue yang memiliki stok kue baik secara online maupun offline. Tentu saja jika Anda mendapatkan suplier yang offline dan belum memasarkan kuenya secara online jauh lebih baik.

b) Jika sudah menemukan suplier, sampaikan kepada suplier bahwa Anda ingin menjual produk kue tersebut secara online. Tanyakan berapa harga terbaik yang bisa Anda dapatkan dan hitunglah berapa harga maksimal kue tersebut bisa Anda jual. Jika menurut Anda bisa mendapatkan margin yang lumayan, Anda bisa memilih suplier tersebut.

c) Buat website yang terlihat profesional. Dan iklankan kue kering tersebut melalui forum-forum jual beli serta iklan gratis di internet. Tentu saja dengan menggunakan foto yang sudah Anda buat sebelumnya. Berikan informasi sedetail-detailnya.

d) Manfaatkan social media dan juga blackberry untuk berjualan.

Untuk berbagai tips memanfaatkan social media dan membuat website Anda bisa mencari-cari di blog ini karena sebelumnya sudah pernah saya share.


1 Response to "Tips Jualan Kue Kering Online "

  1. mantab sob, makasih artikelnya...

    http://www.tokoobatku.com/obat-penyakit-stroke-herbal-ampuh/

    ReplyDelete