Untuk memenangi persaingan bisnis masa depan, maka seorang pebisnis tentu harus mengetahui karakter konsumennya. Karakter konsumen ini tentu saja akan terus berubah-ubah sesuai dengan jamannya.
Memasuki era digital, konsumen kita tentu saja juga turut berubah. Lalu seperti apa ciri konsumen Indonesia di masa depan? Sandiaga Uno dalam sebuah bincang-bincang bisnis dPreneur mengungkapkan bahwa paling tidak ada 3 ciri konsumen masa depan Indonesia.
Saya tertarik untuk melihat tiga ciri konsumen masa depan Indonesia dikaitkan dengan pelaku bisnis online. Sehingga pebisnis online bisa mengetahui hal apa yang sebaiknya mereka lakukan seiring dengan semakin berubahnya pola konsumen kita.
1. Ingin mendapatkan pelayanan cepat
Konsumen kita di masa depan membutuhkan pelayanan cepat. Makanya produsen dituntut harus mampu menyediakan produk yang bisa diakses konsumen dengan cepat. Bagi pebisnis online, tentu saja harus mampu menyediakan webiste yang bisa diakses dengan cepat. Jika fitur-fitur yang ada diwebsite harus mampu ditemukan dengan cepat oleh konsumen.
Dan yang tak bisa dilupakan juga adalah pentingnya pelayanan yang cepat. Jika perlu, pebisnis online sudah harus masuk ke tahap menyediakan costumer service khusus untuk menghandle berbagai keinginan konsumen.
2. Semakin Kritis
Konsumen kita semakin hari semakin kritis. Mereka akan menyuarakan ketaksukaan/kesukaan mereka kepada produk kita melalui berbagai hal. Tidak hanya dari mulut ke mulut tetapi juga menggunakan berbagai saluran social media yang semakin banyak.
Ini tentu menjadi tantangan baru bagi para pebisnis untuk bisa memanfaatkan hal ini, dan menjawab tantangan konsumen di era social media.
Pebisnis online harus juga berada di sosial media dan membangun komunikasi dua orang. Ini penting karena tidak sedikit pebisnis online yang hanya menjadikan sosial media sebagai tempat untuk mengiklankan produk saja, tidak untuk menghandle komplain. Komplain dari konsumen yang tidak memiliki saluran penyampaian cenderung akan menjadi bola liar di sosial media.
3. Memiliki tingkat mobilitas tinggi.
Ciri ketiga yang diungkapkan Sandiaga Uno adalah konsumen kita adalah konsumen yang memiliki mobilitas tinggi. Menurut saya, ini juga harus dijawab oleh pebisnis online. Misalnya dengan membuat website yang responsif sehingga konsumen bisa terus mengakses website kita walaupun ia sedang di jalan.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "3 Ciri Konsumen Masa Depan Indonesia "
Post a Comment