Latest Updates

Cara Efektif Mempromosikan Bisnis Melalui Grup Facebook

Saat ini, hampir tiap hari kita di masukkan secara paksa oleh beberapa teman untuk bergabung di grup facebook yang sayangnya berisi spam-spam. Padahal grup facebook sebenarnya bisa menjadi tempat yang sangat baik untuk memaksimalkan iklan Anda jika digunakan secara tepat. Menurut pengalaman saya, sayangnya saat ini banyak orang yang hanya sekadar beriklan tapi tidak memperhitungkan efektifitas iklannya. Mentang-mentang gratis, lalu melakukan spam iklan secara serampangan. Akibatnya kadang, yang didapatkan bukannya keuntungan tetapi "nilai" produknya jadi terlihat murahan.

Iklan Harus Tertarget
Bagi saya pribadi, beriklan haruslah memperhatikan soal target. Ini sama dengan twitter maupun fanpage. Bukan soal berapa follower atau liker maupun member grup tersebut. Tetapi pastikan dulu apakah anggota grup tersebut benar-benar sesuai dengan target iklan kita. Jika ya, berarti tempat itu adalah tempat yang pas.

Reputasi
Banyak orang yang menggunakan alat khusus untuk beriklan melalui banyak grup. Sekilas itu memang simpel. Sekali klik iklan tampil di banyak grup? tetapi apakah itu efektif? belum tentu. Bisnis adalah membangun usaha jangka panjang, bukan sekedar membuat barang laku. Cara itu hanya efektif misalnya, jika Anda ingin menjual HP bekas Anda, ya silahkan aja digunakan, toh Anda hanya menjual sekali dan setelah itu tidak lagi.

Karena bisnis adalah soal jangka panjang, maka faktor reputasi harus diperhatikan. Bangunlah interaksi pada grup yang Anda ikuti. Dengan membangun reputasi yang baik, secara tidak langsung Anda telah membangun pondasi bisnis.

Aturan
Pahamilah aturan yang ada pada setiap grup. Ada banyak grup yang mempersilahkan kita beriklan tetapi dengan cara tertentu. Grup yang justru serampangan membiarkan iklan terus hadir, pasti akan ditinggalkan anggotanya. Lalu buat apa Anda di sana. Lebih baik anda masuk di grup yang hanya membolehkan iklan dengan syarat tertentu tetapi iklan Anda terbaca.

Buat Grup Anda sendiri
Misalnya Anda memiliki bisnis jual jilbab. Buatlah grup misalnya tips dan tutorial jilbab. Lalu gunakan materi promosi Anda sebagai cover grup dan deskripsi grup. Dan isilah kontennya grup dengan saling diskusi soal tips hijab.

Anda memang tidak berjualan secara langsung, tetapi setiap anggota pasti melihat cover group Anda, dan juga reputasi Anda yang rajin memberi tutorial. Tentu anggota yang hadir sebagian pesarnya adalah calon pembeli dan bukan sesama pedagang.

0 Response to "Cara Efektif Mempromosikan Bisnis Melalui Grup Facebook"

Post a Comment