Latest Updates

Agar Konsumen Merasa Berharga

Dari banyak hal yang bertebaran disampaikan oleh pemasar-pemasar online di sebuah acara kopdar online shop, saya tertarik dengan tips yang diberikan oleh mas Rosihan selaku pemilik dari Saqina.com. Sebuah tips  yang disebutnya sebagai silent marketing.

Secara sederhana, konsep ini berkebalikan dengan teknik marketing lain, yang biasanya diumumkan secara masif melalui web atau Sosmed. Promo yang menggunakan konsep silent marketing tidak. Ia hanya "dibisikkan" pada pelanggan tertentu.

Karena Pelanggan Ingin Spesial
Pelanggan mana yang tidak ingin spesial. Tidak ingin dianggap "lebih" dibandingkan pelanggan lain. Konsep silent marketing ini saya pikir memanfaatkan hal ini. Yaitu membuat pelanggan menjadi "spesial" dengan mendapat perlakuan istimewa karena ia mendapat diskon (atau hadiah) yang tidak didapatkan oleh pelanggan lainnya.

Silent marketing bukanlah hal yang baru. Silent Marketing sebenarnya sudah banyak dipraktekkan oleh toko-toko offline. Bahkan jika kita ingat, tak jarang toko-toko offline benar-benar membisikkan harga sebuah produk kepada pelanggan loyalnya agar tidak diketahui oleh pelanggan baru. Juga tentu saja agar pelanggan loyalnya menyadari betapa spesialnya ia.

Agar tak Riuh Dengan Diskon
Dalam berbagai kesempatan, banyak praktisi marketing yang menyarankan agar kita tidak mengumbar diskon terlalu sering. Dengan membuat diskon sepanjang tahun misalnya, diskon tidak lagi menjadi faktor "penarik" bagi pengunjung untuk berbelanja ditempat kita. Toh, kapanpun ia berbelanja pasti akan mendapat diskon. Diskon tidak lagi menjadi hal istimewa. Barangkali diskon yang diumbar sepanjang waktu dan kepada setiap konsumen, seperti kata "cinta" yang diumbar kepada setiap orang yang dijumpai (hehhehe). Tidak istimewa lagi. Banyak orang yang menyarankan agar diskon dibatasi waktu. Misalnya dalam rangka hari-hari tertentu. Juga dibatasi orang, salah satunya dengan silent marketing ini.

Apa yang harus dilakukan?
Jika pada penerapan marketing secara umum hal utama yang harus dilakukan adalah "kenali konsumenmu!", maka  Untuk menerapkan silent marketing salah satu kuncinya menurut saya adalah "kenali pelangganmu!" Kita harus memiliki catatan siapa saja yang termasuk layak untuk mendapatkan perlakukan istimewa ini. Untuk kita bisiki "betapa berartinya dirimu".

0 Response to "Agar Konsumen Merasa Berharga"

Post a Comment