Latest Updates

4 Instrumen Investasi Jangka Panjang

Untuk menyediakan kebutuhan keuangan dimasa akan datang secara jangka panjang, kita memiliki berbagai pilihan instrumen investasi. Beberapa kebutuhan masa lebih dari 15 tahun yang bisa kita persiapkan dananya dari sekarang seperti kebutuhan dana pendidikan anak juga kebutuhan dana pensiun, serta kebutuhan lainnya sesuai dengan rencana jangka panjang kita.

Banyak orang yang hanya menabung atau mendepositokan uangnya secara biasa melalui bank dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan dana mereka dimasa depan, tetapi hasil deposito terlebih menabung biasa tidaklah besar bahkan dengan berbagai potongan biaya, nilai tabungan tidak akan bisa mengejar nilai inflasi.

Unit link, yaitu penggabungan investasi dan asuransi juga dianggap tidak terlalu bisa memenuhi kebutuhan dana di masa depan, karena nilai investasi tidak maksimal. Sangat banyak penrencana keuangan yang meminta kita memisahkan antara investasi dan asuransi agar hasilnya maksimal. Lalu investasi apa yang bisa kita lakukan untuk jangka panjang? Ada sangat banyak pilihannya diantaranya :

1. Properti
Properti memiliki nilai yang cenderung naik setiap saat terlebih jika properti yang Anda pilih berada pada tempat yang strategis.
Kekurangan : Dibutuhkan modal yang sangat besar, serta tidak begitu liquid, sehingga jika Anda membutuhkan dana Anda segera tidak begitu mudah, karena Anda harus menunggu properti Anda terjual lebih dahulu.

2. Saham
Terjun dipasar saham juga merupakan pilihan yang baik untuk investasi jangka panjang.
Kekurangan : Dibutuhkan pengetahuan khusus serta modal yang lumayan banyak, walaupun tidak sebesar modal untuk membeli properti.

3. Emas
Bagi kelas menegah di Indonesia, pilihan investasi emasi merupakan pilihan yang banyak di ambil. Walaupun harganya naik turun, tetapi emas dianggap penjaga nilai harta yang baik sehingga cukup mampu untuk digunakan memenuhi kebutuhan dana di masa depan.
Keuangan : Tetap dibutuhkan dana yang besar walaupun tidak sebesar untuk membeli saham serta dibutuhkan penyimpanan yang aman. Disarankan untuk menggunakan deposit box di bank.

4. Reksadana Saham
Pilihan reksadana ada beberapa macam, tetapi untuk jangka panjang diatas 15 tahun, disarankan untuk investasi reksadana saham. Anda bisa mengikuti reksadana dana saham mulai dari 100rb, dan bisa melakukan outodebet langsung dari rekening bank Anda. Untuk bertanya lebih jauh Anda bisa menanyakan di bank-bank Anda.
Untuk memilih reksadana saham yang baik Anda bisa melihat 2 parameter penting  1). cek 5 reksadana saham terbaik melalui internet. 2) sudah melewati paling tidak siklus 10 tahun dengan hasil rata-ratanya positif. 

0 Response to "4 Instrumen Investasi Jangka Panjang"

Post a Comment