Latest Updates

Ciri Tahapan Bisnis Yang Berkembang

Dalam bisnis, sejatinya memiliki tahapan-tahapan siklus. Kita tidak bisa membangun bisnis langsung bisnis, baik bisnis berskala besar maupun bisnis berskala kecil. Bisnis memiliki berbagai tahapan, dari tahapan pra bisnis (mencari ide bisnis) hingga bisnis telah mandiri. Saat bisnis telah mandiri inilah sebenarnya prinsip "bisnis jalan - bosnya jalan-jalan" baru dapat dimulai.

Tahapan dan siklus perkembangan bisnis ini perlu disadari oleh semua pelaku bisnis, tak peduli apakah skala bisnis Anda UKM atau bisnis besar. Berikut tahapan tersebut :

1. Tahap Prabisnis - Memunculkan Ide Bisnis
Ada sangat banyak sumber dari ide bisnis, Anda bisa mengamati dari lingkungan, membaca, berdiskusi dengan orang lain. Tetapi inti paling penting anda harus memiliki ide. Inilah yang sering diungkapkan bahwa modal awal sebuah usaha itu bukan uang, tetapi ide. Ide peluang bisnis ini bisa Anda cari, bisa memanfaatkan yang sudah ada, atau bisa pula anda ciptakan peluang tersebut. Saya telah membahas hal ini di blog ini.

2. Memulai Bisnis
Satu-satunya ide bisnis yang buruk adalah ide yang tidak dijalankan. Banyak orang yang sudah punya ide besar tapi tidak menjalankan idenya. Jika ditanyakan alasannya lebih dari 1001 alasan. Padahal alasan sebenarnya bahwa ia tidak memiliki keberanian untuk mengeksekusi idenya.

3. Meningkatkan Profit
Pebisnis bukanlah mereka yang berpuas dengan hasil yang dicapai. Ide-ide seputar pemasaran dan promosi mulai diintensifkan pada tahap ini. Terus perbanyak pelanggan dan juga menjaga pelanggan yang sudah didapatkan untuk terus meningkatkan jumlah pembeliannya. Pada bagian ini, meningkatkan jumlah stock untuk meningkatkan margin keuntungan juga bisa menjadi solusi

4. Membuat Sistem
Pada langkah diawal bisnis masih membutuhkan kita. Bisnis belum berjalan secara outopilot. Agar bisnis bisa berjalan tanpa perlu kehadiran kita secara intens, maka membutuhkan sistem yang baik. Pada bagian ini jika kita mampu membangun sistem yang baik, maka kita telah bersiap membangun bisnis yang bekerja untuk kita.

5. Mengembangkan Bisnis
Pada tahap ini, sebenarnya barulah dapat dikatakan bahwa bisnis sudah benar-benar berjalan. Pada saat ini yang dibutuhkan adalah berbagai inovasi agar bisnis tidak mati. Perlu diingat bahwa di dunia bisnis jika kita tidak mampu berinovasi, maka bisnis kita bisa saja disalip oleh kompetitor-kompetitor lainnya.

0 Response to "Ciri Tahapan Bisnis Yang Berkembang"

Post a Comment